Lagi googling pake smart tv buat cari internet cepet di Semarang, eh nemu MyRepublic.co.id yang ngadain lomba blog “pahlawan kamu” yang punya program bertema “made for minds”. Langsung deh gw teringat sama adik Taufan yang punya penelitian keren banget! Gw yakin itu “made for minds” banget, alias bener-bener “hadir sebagai inspirasi”.

Pernah nggak kamu ngerasa dipandang sebelah mata karena hobi main video game? Gw sih pernah, dan gw rasa video game bahkan sering jadi kambing hitam ketika gamer punya nilai buruk di sekolah atau dapat masalah. Entah gimana ceritanya, masyarakat tiba-tiba aja lupa bahwa Gamer juga manusia, dan video game hanyalah alat. Gimana alat itu bermanfaat bagi kebaikan atau justru membawa kehancuran, sepenuhnya ada di tangan kita semua sebagai manusia.

Nah, untungnya nggak semua orang punya pikiran kayak gitu, dan justru ada mahasiswa kedokteran yang nunjukin manfaat video game lewat penelitiannya. Dia adalah Taufan Pramadika dan ngerjain penelitian berjudul “PENGARUH BERMAIN VIDEO GAME TIPE FIRST PERSON SHOOTER TERHADAP WAKTU REAKSI YANG DIUKUR DENGAN ATTENTION NETWORK TEST”. Nggak percaya? Cek aja penelitiannya di website UNDIP.

Gw nggak tau apa itu attention network test, tapi gw ngerti kalo penelitian itu nunjukin bahwa main game = bagus buat bikin orang makin cekatan.  Tapi kenapa seorang mahasiswa kedokteran ini bikin penelitian kayak gitu? Jadi gini ceritanya, Taufan bikin penelitian tentang manfaat video game buat mematahkan stigma video game yang dianggap buang waktu doank, gak ada manfaatnya. Dia juga ngerasa penelitian ini yang gampang buat dia lakuin karena dia dan temen-temennya adalah Gamer. Udah deh, penelitian terus dilakuin pakai video game Call of Duty. Itu-tuh, video game tembak-tembakan yang menantang kemampuanmu untuk cekatan nembak musuh kalau nggak mau mati di medan perang.

Jadi penelitian ini udah membuktikan bahwa main video game juga punya dampak bagus, gak melulu berakibat jelek seperti yang jadi stigma di masyarakat. Gw sih pingginnya penelitian Taufan yang “made for minds” banget ini dibaca banyak orang, jadi bahan pemikian, biar menginspirasi mereka untuk bikin penelitian baru yang kreatif menggunakan berbagai jenis video game. Siapa tahu bisa ketemu dampak positif main video game yang spektakuler banget sampai menarik perhatian masyarakat umum, orangtua, kakek-nenek, dan membuka pikiran mereka terhadap video game.

Gimana kalau menurut kamu? Dampak positif apa yang dimiliki video game?

OK, balik ngomongin cari-cari koneksi Internet di Semarang… MyRepublic kabel internetnya udah sampai ke tiang listrik tepat di depan rumah gw,  tapi waktu gw order ternyata belum sampai ke nomor rumah gw (yah…). Padahal gw lagi butuh banget internet yang cepet, bagus, murah dan ada tv kabel. Soalnya internet yang gw pake sekarang udah skarat, sering banget bikin gw wafat, dan kena gamprat (apalagi kalau lagi Raid lawan Boss).