Pembajakan lagu sudah terjadi di seluruh penjuru Indonesia sejak sebelum ada internet. Kamu bisa membeli lagu bajakan yang bebas diperjual belikan di toko dan mall sehingga mudah dibeli dan visibilitasnya lebih tinggi daripada lagu original. Kemudian ketika internet jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat (meski masih mahal), pembajakan menjadi semakin mudah dan cepat. Cukup dengan searching sebentar di google maka ketemu lagu bajakan yang bisa di download.

Lalu gimana cara mengatasi masalah besar ini?

Mustahil untuk bisa mengatasi masalah pembajakan sepenuhnya, tapi tetep ada cara yang bisa mengurangi pembajakan dengan memberikan layanan akses lagu original melalui media distribusi digital seperti internet. Misalnya dengan layanan MelOn, kamu bisa dengan mudah  mengicipi dan mendownload lagu tanpa membajak.

Sayangnya layanan ini masih belum nyaman karena kondisi internet Indonesia yang relatif buruk dan pilihan konten yang sangat terbatas dibanding konten bajakan yang bisa didapatkan melalui google search. Selain itu melalui google bisa didapatkan lagu bajakan berkualitas tinggi (FLAC) yang dapat membuat audiophile bagaikan mendengar suara surgawi dengan mudah.

Memang ini merupakan lingkaran setan karena layanan distribusi digital seperti MelOn akan sulit untuk berkembang (memperluas koleksi dan kualitas file) bila tidak banyak yang mulai membeli original, sedangkan bagi konsumen ngapain repot-repot membeli toh pilihan lagunya masih lebih banyak dan kualitasnya lebih bagus download bajakan.

Berdasar berbagai pertimbangan masalah tersebut, aku punya pemikiran solusi.  Bagaimana bila Telkom (yang juga pemegang layanan MelOn) dengan layanan Speedy-nya mulai melepas limitasi koneksi lokal Indonesia (IIX ) ke kecepatan maksimum jaringan ADSL2+ (untuk daerah yang sudah ADSL2+) yang digunakan Speedy. Layanan kecepatan super tinggi ini hanya berlaku untuk sesama jaringan Telkom sehingga bisa menawarkan kecepatan tinggi sambil tetap menghemat biaya bandwidth (tidak perlu sewa bandwidth ke luar Telkom). Hal ini bisa memberikan nilai marketing baru bagi Speedy dan dapat menjadi pendorong  kemajuan Konten INDONESIA.

Metoda tersebut bukanlah impian belaka karena telah digunakan oleh berbagai ISP di luar negeri untuk memberikan layanan yang memerlukan koneksi kualitas tinggi dan kecepatan tinggi seperti Video Streaming, Game Server, dan Digital Content Distribution (misal cabang server STEAM).

Bayangin aja bila Telkom Speedy cuman 200ribu sebulan 20Mbps untuk semua layanan telkom, kemudian MelOn menyediakan berbagai jenis lagu-lagu dalam kualitas tinggi FLAC. Kalangan kelas atas audiophile bakal tertarik beli ORIGINAL dari MelOn karena kualitasnya bagus dan jauh lebih cepat dan praktis daripada download bajakan di server luar negeri atau import CD lagu dari Amazon.

Tentunya harga yang ditawarkan juga jangan naik menggila. Biarkan konsumen memilih sendiri file yang ingin diunduh apakah itu MP3, AAC, atau FLAC. Semua jenis kualitas file dihadirkan dalam biaya yang sama-sama terjangkau.

Mari majukan konten Indonesia.

 

Artikel ini ditulis untuk lomba blog & Widget MelOn

kata kunci : Download, Pembajakan dan MelOn ada dalam artikel diatas.

Photograph courtesy of : dwezptmc