Baru-baru ini di kotaku (semarang) kedatangan bioskop 3D dengan Toy Story 3 3D di Paragon Theater 4. Terus ternyata di Java Mall juga ada pameran LED HDTV 3D dari LG.

3D eXperience

Toy Story 3 3D di bioskop termasuk laris banget dan penonton-nya juga pada suka dengan efek 3D-nya. Paling keren pas iklan film animasi berjudul Rapunzel. Pemandangannya indah banget seperti melihat ke jendela, bukan ke layar. Sayangnya di bioskop masih memakai kacamata 3D pasif dengan 2 warna, Merah-Biru. Mata gw yang sudah minus ini ketika dipadukan dengan kacamata 3D pasif hasilnya = ancur lebur untuk sekitar 5 menit pertama.

Kacamata 3D pasif

Gambar yang kulihat semuanya berbayang, nggak bisa fokus dan mata jadi terasa nut nut nut nut.
Untungnya setelah sekitar 15menit, mataku dah biasa dan bisa menikmati 3D. Tapi begitu film selesai, keluar bioskop, naik eskalator. Weleh weleh, badan rasanya lemas hahaha.

Moga moga nanti paragon akan ganti bioskopnya dengan kacamata Active Shutter lah :D
Soalnya waktu aku coba kacamata Active Shutter di pameran LED 3D HDTV LG di Java Mall (yang rame sampe harus antri) itu enak banget dipakai. Gambarnya bagus, mata langsung fokus, detail warna tetep terjaga, benar benar enak. Sayangnya dengan memakai kacamata 3D Active Shutter, gambar di HDTV menjadi berkedip seperti melihat Monitor tabung di 60Hz.

pameran 3d HDTV

Waktu aku tanya mbak-mbak nya soal HDTV itu kenapa kedip-kedip. Katanya sih “itu efek nya tiap orang memang bisa beda beda mas”. Jadi mungkin maksudnya seperti di monitor tabung dan HDTV Plasma, kan ada orang yang bisa melihat layarnya kedip (mis. saya) dan ada orang yang nggak bisa melihat kedipannya (mis. adik gw).

Terus gw kepikiran, stand seramai itu kok kayaknya nggak ada yang beli. Eh ternyata pas aku tanyakan, 3D LED HDTV itu nggak bisa merubah tayangan Indonesia jadi 3D jadi wajib beli film dalam Bluray, kemudia TV nya juga mahal banget dengan 40juta untuk 42″ dan cuman dapat bonus 2 kacamata. Untuk beli kacamata tambahan kena biaya 1juta per-kacamata.

Pantesan meski rame dan kayaknya pada suka dengan efek 3D-nya, gak ada yang beli :p

_____
Info Tambahan :
- Kacamata 3D pasif prinsipnya sama dengan kacamata 3D kertas yang dulu sempat booming di Indonesia
- Kacamata 3D aktif prinsipnya lensa kiri dan kanan berkedip secara berselang-seling sehingga mata kiri dan kanan bisa melihat gambar yang berbeda. Kacamata ini meskipun pakai baterai, ternyata ringan.

EDIT:
NEWSFLASH:

Tadi waktu di LG kan ada form kesan/pendapat pelanggan, gw masukin no hp gw disana. Jam 4 PM hari yang sama, gw langsung dapat SMS penipuan soal menang hadiah.

Just coincidence?